a

Berkarir di Perusahaan Besar atau Perusahaan Kecil?

Berkarir di Perusahaan Besar atau Perusahaan Kecil?
Berkarir di Perusahaan Besar atau Perusahaan Kecil? ilustrasi oleh : jobsDB
Ini murni hanya opini saya dan tanpa didukung oleh teori-teori para pakar. Jadi, cukup baca aja agar menambah wawasan kita. Sebelum masuk ke topik Berkarir di Perusahaan Besar atau Perusahaan Kecil? Saya ingin menjelaskan beda perusahaan besar atau kecil dahulu, perusahaan besar bukan berarti gedungnya besar loh ya, bukan berarti karyawannya banyak. Tapi kita dapat mengkategorikan sebuah perusahaan besar atau kecil itu lewat owner atau pemiliknya. Perusahaan besar maksudnya pemiliknya / owner sudah tidak masuk lagi ke manajemen perusahaan, jadi setiap bagian dipimpin oleh manajer profesional. Sedangkan di perusahaan kecil rata-rata pemilik / owner masih menjabat posisi manajemen. Ilustrasinya begini, untuk prosedur pengeluaran barang dari gudang. Pada perusahaan besar cukup diacc oleh manajer maka barang dapat langsung keluar, sedangkan perusahaan kecil harus diacc oleh pemilik maka barang baru bisa keluar. Yah kira-kira begitu penjelasan singkatnya.

Nah, bagi yang baru tamat SMA atau fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan lebih baik lamar di perusahaan besar, jika belum ada pengalaman jangan lamar di perusahaan kecil. Loh, bukannya perusahaan besar cuman mencari yang berpengalaman? Yah betul, tapi itu hanya untuk posisi diatas supervisor. Untuk posisi officer/junior rata-rata perusahaan swasta itu mencari tamatan SMA ataupun yang sedang kuliah dengan alasan bayaran lebih murah. Alasan kedua kenapa berkarir di perusahaan besar dahulu, karena kita akan mendapatkan banyak training, akan banyak teman satu departemen yang mengajarin kita jika mengalami kesulitan. Kita jadi tahu bagaimana budaya kerja yang baik dan benar, bagaimana cara ngefax, bagaimana cara fotokopi, bagaimana cara ngeprint, cara menggunakan word, excel dll... Banyak keuntungan yang akan didapatkan di perusahaan besar jika belum ada pengalaman, karena semua itu tidak akan kalian dapatkan di perusahaan kecil. Setelah bekerja kurang lebih 3 tahun, langsung cabut dan cobalah lamar di perusahaan kecil! Perusahaan yang sewaktu interview sama pemiliknya langsung. Tapi bukannya fasilitas di perusahaan besar lebih banyak? Tentu, tapi pengalaman di perusahaan kecil itu lebih berharga. Jika kita bisa Fight lebih kuat maka perusahaan kecil jauh memberikan keuntungan daripada fasilitas yang diberikan perusahaan besar. Alasan kenapa perusahaan kecil lebih memberikan pengalaman adalah kita bisa bertemu dengan banyak pemilik / owner dari perusahaan lain yang bekerja sama dengan bos anda. Coba yang udah bekerja beberapa tahun di perusahaan besar, pernahkah kalian diskusi satu meja dengan owner perusahaan yang melakukan kerja sama dengan perusahaan bos kalian? Tentu pernah jika jabatan kalian sudah direktur tapi jika cuman supervisor jangan berharap deh. Lalu untuk apa ketemu dengan banyak owner / bos? Keuntungannya adalah jika owner dari perusahaan lain tertarik merekrut anda dengan bayaran 2 kali lipat dari yang anda terima sekarang apakah anda menolak? tentu tidak kan. Atau jika anda ingin bermain aman maka ketika anda sudah bekerja 3 tahun di perusahaan kecil maka cobalah lamar posisi minimal manajer di perusahaan besar. Persentasenya jauh lebih besar di terima, ingat perusahaan swasta bukanlah birokrasi PNS, yang kerja lebih lama atau senior maka dia yang naik jabatan. Tidak ada istilah seperti itu di perusahaan swasta! Anda kerja belasan tahun di perusahaan besar tapi minim prestasi PASTI posisinya itu-itu aja sedangkan perusahaan lebih senang mengisi posisi manajemen dari orang-orang hebat di luar perusahaan tersebut.

Di perusahaan swasta itu persentase naik jabatan itu sangat kecil, oleh karena itu janganlah kita sia-siakan waktu bekerja di perusahaan besar untuk waktu lama agar harapan naik jabatan, tapi jangan juga terlalu lama di perusahaan kecil karena perusahaan besar ada usia maksimal untuk di terima di perusahaan tersebut.

Berkarir di Perusahaan Besar atau Perusahaan Kecil? Intinya jika baru tamat atau fresh graduate kerjalah di perusahaan besar dahulu setelah itu pindah ke perusahaan kecil. Jika pengalaman anda sudah rasa cukup tinggal anda sendiri menentukan ingin mengkahiri hidup untuk bekerja di perusahaan besar atau di perusahaan kecil? Tapi ingat ketika anda sudah pensiun maka tidak ada lagi gaji bulanan, lebih baik kita bekerja tapi tetap melakukan bisnis sampingan. Cuman modal blog anda dapat menghasilkan $150/bulan, jika berminat boleh bertanya pada saya lewat BBM : 28A105C2 (Fendy Heryanto).

Berkarir di Perusahaan Besar atau Perusahaan Kecil? Itulah opini singkat saya, saran saya adalah berapa besarpun gaji anda tetap akan habis juga. Tapi sekecil-kecilnya passive income yang dapat anda buat, itu dapat membuat anda kaya!












0 Response to "Berkarir di Perusahaan Besar atau Perusahaan Kecil?"

Post a Comment

wdcfawqafwef