a

Apa Itu MEA?

Apa Itu MEA?
Apa Itu MEA?
~yooo, kali ini kita akan membahas tentang MEA, Apa Itu MEA? MEA adalah Masyarakat Ekonomi Asean, agar lebih mudah dipahami MEA itu berupa kesepakatan untuk kerjasama perdagangan antara anggota negara Asean. Tidak perlu kita tau secara mendetil apa itu MEA, yang kita harus pahami adalah apa manfaat dan kerugian MEA bagi Indonesia, agar kita dapat menyusun strategi yang tepat untuk menghadapinya.
Apa sih manfaat MEA bagi Indonesia?
1. Dengan diberlakukan MEA maka Indonesia akan lebih mudah memasarkan barang dan jasanya ke negara anggota lainnya. Hal ini menguntungkan, karena pangsa pasar produk indonesia akan semakin luas.
2. Meningkatkan infrastruktur dalam negeri dan anggota MEA lainnya.
3. Peningkatan sumber daya yang ada. Misalnya saja dengan adanya MEA maka otomatis akan meningkat kan daya saing sehingga sumber daya yang ada akan dipacu untuk lebih inovatif, kretif dan berfikir lebih jauh lagi.

Apa sih kerugian atau resiko MEA bagi Indonesia?
Pasar domestik akan sulit berkembang di kancah pemasaran dalam negeri. Jika MEA diberlakukan dan masyarakat indonesia tidak siap maka mereka harus siap-siap digusur dan digantikan tenaga kerja dari luar.
Sudah tau Apa Itu MEA? Manfaat serta resikonya kan?
Sebenarnya sih, manfaat dan kerugian hampir sama bagi semua anggota Asean yang tidak siap, berhubung jumlah penduduk Indonesia termasuk yang paling banyak, sudah dipastikan negara kita akan jadi incaran produk dan jasa dari negara anggota lainnya.
Menurut saya, Indonesia akan menjadi tuan rumah di Asean. Asal 3 sektor yaitu : Pendidikan, Kesehatan dan Transportasi menjadi prioritas utama pembangunan.

Yah, inilah artikel singkat tentang Apa Itu MEA? Meskipun sudah banyak artikel yang membahasnya tapi saya tetap ingin membahasnya dari sudut pandang yang berbeda.

0 Response to "Apa Itu MEA?"

Post a Comment

wdcfawqafwef